jump to navigation

Apa yang Bisa Dilakukan Seorang Blogger Agar Blognya Dapat Lebih Menarik Dalam Lalu-Lintas Blogsphere April 14, 2014

Posted by Mas Odi in Pengalaman Seorang Blogger, Tips Ngeblog.
Tags: , , , ,
trackback

Ada 3 hal yang dapat dilakukan mulai dari sekarang untuk menumbuhkan jumlah pengunjung dan membuat sesuatu yang menarik pada lalu lintas blogsphere.

Sebagai blogger menulis adalah sesuatu tentang gairah dan sebuah obsesi. Apakah itu tentang ketertarikan blogger dalam hal kesehatan? Makanan? Renungan dan motivasi? Lelucon? Ataupun otomotif? Apa saja subjeknya, apapun isinya nanti, jangan risau dengan tidak adanya para pembaca saat ini, karena di sana ada komunitas wordpress.com yang bisa membagi hal-hal menarik dari tulisan Anda tersebut; tentu itu ada caranya, ya kan! Nah, kali ini wordpress.com menemukan 3 cara mudah bagi seorang blogger untuk melakukan hal ini. Berikut ke 3 cara tersebut:

Tag Artikel

Men-tag artikel, hal ini sangatlah penting untuk menemukan komunitas Anda tersebut. Ketika Anda men-tag sebuah artikel, sama saja Anda melakukan pengelompokan artikel di antara banyaknya artikel pada topik/subjek yang sama. Nah! Ketika ada pembaca/blogger yang ingin mencari ‘tag’ tersebut di wordpress.com-reader, maka artikel Anda akan muncul dalam daftar aplikasi reader tersebut. Kelebihan dari melakukan ‘tag’ adalah menempatkan artikel Anda di depan, jadi ketika masih hangat artikel Anda masuk paling teratas. Jadi tindakan ini  memperluas jangkauan Anda kepada mereka yang tertarik pada subyek tersebut.😉

– Hehe, selama ini Mas Odi tidak men-tag artikel. Nunggu 50 artikel, eh sudah 50 artikel jadi males. Xixi –:mrgreen:

Ketika men-tag yakinkan untuk mempertimbangkan topik terkait. Misalnya, jika blog Anda tentang makanan, lalu baru-baru ini Anda membuat artikel tentang cara membuat salad, nah, Anda dapat memilih tag artikel dengan kata-kata seperti: makanan, memasak, salad, dan makanan sehat.

Pada kasus tag ini wordpress.com merekomendasikan untuk melakukan 5 tag pada tiap artikel minimal. Maksimal 15 tag, juga pada kategori artikel sebaiknya dilakukan hal yang sama. Lebih dari 15 tag per artikel maka jika tag tersebut dituju artikel yang pernah kita sematkan tidak akan muncul.

Pohon Persahabatan

Membuat sesuatu yang menarik dalam blogsphere adalah sama halnya dengan membuat suatu bibit persahabatan. Untuk membuat sebuah pohon persahabatan, Anda perlu bertemu orang-orang (via dunia maya), percaya diri dalam menjadi diri sendiri, dan membuat hubungan nyata (jelas).

Membuat persahabatan berarti Anda telah membuat komunikasi antara blogger yang bisa melampuai pengornamenan blog Anda melalui tag-tag tadi. Sebab, blogger lain akan membaca blog Anda, lalu berlangganan ke blog Anda, yang kemudian Anda dan mereka saling menunjukkan rasa cinta jika memberi tanda ‘like’ pada artikel saat blog-walking, juga saat memberi komentar-komentar bijaksana.😉

Dapat Dibaca Melalui “Perangkat Apapun”

Menurut Pew Research, penggunaan perangkat mobile terus meningkat di seluruh dunia. Pada Januari 2014, 58% orang dewasa di AS memiliki smartphone dan kamu tahu apa? Mereka membaca blog Anda dengan perangkat itu – baik di kereta, di jalan, di bus, dan sebelum mereka tidur di malam hari. Ckck!

Apa artinya ini bagi Anda? Yaitu yakinkan kalau tema blog Anda sangat ramah bagi ponsel mereka. Karena tema blog akan mengakomodasi pengunjung, dengan berbagai perangkat seperti komputer desktop, tablet, atau smartphone.

Jika Anda tidak benar-benar yakin bahwa tema blog Anda kurang ramah, yakinkan untuk mengaktifkan tema mobile dalam blog Anda. Caranya, pergi ke Appearance –> Mobile lalu pilih “Yes” pada “Enable mobile theme”. Insya Allah dengan cara itu blog Anda sudah ramah dengan ponsel pembaca.

BONUS!

Sebenarnya cara yang disarankan wordpress.com memang bagus. Tapi untuk di Indonesia sepertinya hal itu kurang ‘greget’.😉

Cara paling familiar meski sedikit tidak etis, tapi ini sudah membudaya sih. Jadi, tidak salah kan untuk melakukan hal ini. Apakah itu? Ya! ‘Jemur Artikel’!!!😀

Sebenarnya banyak istilah untuk itu. Tapi itu cara paling gampang untuk menarik minat pembaca untuk saat itu saja. Yaitu dengan cara menuliskan link artikel milik Anda ke dalam kolom komentar blogger lain. Ya sebaiknya jangan taruh link-nya doang tapi juga komentar-komentar yang bagus, ya kan! Jadi jangan lupa untuk jemur artikelnya ya.:mrgreen:

Selamat Nge-blog!

Semoga bermanfaat.😉

Referensi: en.blog.wordpress.com/2014/04/04/niche-blogger-traffic/

 

Comments»

1. warungasep - April 14, 2014

Oh gitu ya,blog saya giman mas Odi,minta pendapatnya???😀
http://warungasep.wordpress.com/2014/04/14/hasil-motogp-austin-marquez-selalu-didepan/

Mas Odi - April 14, 2014

nanti dulu ya. mau shalat dulu kang. di samarinda sudah dzuhur nih.

warungasep - April 14, 2014
Mas Odi - April 15, 2014

sip😉

2. Bintang Jati - April 14, 2014
Mas Odi - April 14, 2014

oke😉

3. 4G92Mivec - April 14, 2014
Mas Odi - April 15, 2014

oke.🙂

4. Ferboes Richardson - April 15, 2014

saya malahan jarang pake tag. palibg 2 atau 4 kali saja. abisnya suka buru2 kalo mo posting.. hehehe udah gitu jadi malas edit😀
pokoke jemurannya jagan ketinggalan😀
Rame nih…😀
http://ferboesrichardson.wordpress.com/category/ikan-hias-air-tawar/

Mas Odi - April 15, 2014

hehe. jemuran solusi paling jitu dah. saya juga baru2 ini nge-tag. hehe😀

Ferboes Richardson - April 15, 2014

Pasti selalu lupa kalo mo nulis tag nya

Mas Odi - April 15, 2014

iya. betul betul. tau aja!:mrgreen:


Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: