jump to navigation

(Cerita) Gagal Akses Internet Karena Dikecelein Sama OS dan Modem Juga Provider! April 12, 2014

Posted by Mas Odi in Uncategorized.
trackback

“flash out of date” muncul di tampilan browser Mozila Firefox, di sistem operasi Linux. Cukup membuat cemas. Karena selama ini kan Mas Odi ngandelin banget nih sistem operasi (OS). Secara dia jarang divirusin, gampang digunakan, apalagi saat booting cepat banget. Yach secara default sistem operasi Linux itu sesuai banget dengan kebutuhan blogger ecek-ecek ini. Tapi entah kenapa hari itu aplikasi flash mengalami kadarluarsa. Padahal update jarang! Hehe, pantes aja bro! Eh, tapi setiap ada kesalahan sistem bukannya ada peringatan terlebih dahulu! Eh lagi, biar jarang update bukannya gak pernah update lho ya. Kan beberapa bulan yang lalu sudah di-update. Jadi… ada apa ini yaaa!!!πŸ˜€

Huff! Akhirnya! Hari itu datang juga bro! Suatu hari yang Mas Odi cemaskan. Cemas akan kebingungan dengan sistem operasi ini. Ya karena gak familiar dengan kerusakan-kerusakannya. Selama 2 tahun ini kan masih berstatus newbie. Jadi hari kemarin benar-benar jadi newbie yang pantang menyerah, mengingat juga luang waktu blogging yang terpangkas, maka waktunya difokuskan untuk memperbaiki si Linux.:mrgreen:

Dipikir-pikir segala manuver sudah dilakukan. Apalagi ketika itu kondisinya semua search engine mengalami ‘akses ditolak’. Sebab ketika sedang menagkses alamat google misalkan, gak lama kemudian muncul tulisan “flash out of date” (dalam hati, memang google pakai flash juga ya???). Terus situs lainnya yang gak bisa dibuka adalah youtube dan facebook, tuh, hari itu jadi bener-bener hari yang menyebalkan bukan! Wong gak ada hiburan! Meski semua pintu akses mengalami kendala, tapi wordpress dan situs semacamnya gak terkendala sih, tapi, itu tetap saja kendala. Sebab biar bisa buka wordpress, bisa nge-blog, tapi cari inspirasi dan gambarnya kan di search engine. Al-hasil gak bisa bikin tentang deh sampai masalah ini bener-bener selesai.😦

Biar begitu gak kehabisan akal, Mas Odi coba menghubungi seorang teman yang sudah senior dalam hal ini. Coba dikontak, SMS dibalas. Sarannya sih disuruh uninstall firefox lalu install lagi. Tapi ogah ah, nanti history dan bookmark pada hilangan, maklum aja belum pernah di-backup soalnya.😦

Kemudian saran selanjutnya install google chrome. Karena katanya sudah include flash di dalamnya, jadi tinggal cari chrome terbaru, install deh! Sarannya cucok, lalu Mas Odi coba, dan setelah berhasil terinstall, ternyata, ternyata gak bisa. Malah tulisan ‘flash out of date’ itu muncul juga. Mmm???πŸ˜•

Saran teman yang terakhir install flash aja deh kalo gitu! Setelah tau sarannya begitu, bukannya ingin dicoba, langsung bingung! Karena dari awal tulisan ‘flash out of date’ Mas Odi sudah coba klak-klik klak-klik di situsnya, yang ujung-ujungnya nih situs pakai basis flash pada tampilannya. Jadi ya gak bisa ngapa-ngapain. Saat itu hampir kehabisan akal! Coba ubek-ubek si Linux pada layanan pencari software nya ah, siapa tau ada yang perlu di-install lagi; jadi dicoba deh. Wow! Bukannya berhasil memperbaiki bro! Tapi, berhasil menginstal sekian sofware dengan tulisan ‘flash’ yang mengakibatkan pemenuhan memori pada hard-disk.😦

Ya ampun! Masalah jadi semakin bertambah runyem. Gak ada istilah buat baikin OS lagi saat itu, pikiran sedang keruh. Akhirnya istirahat sejenak, lalu beraktivitas lain, sorenya sudah pulih deh. Hehe, sudah siap memperbaiki si OS aneh tersebut! Sediki bingung lagi! Ini mau baikin OS! Atau back up memori yang pada bengkak-bengkak itu. Soalnya jadi cemas juga kalo ujung-ujung nih OS langsung blank! – Oh! Data!!!πŸ˜₯

Mau gak mau uninstall beberapa aplikasi; dan berhasil memanggkas sekian memori jadi free. Tapi setelah dimaksimalkan, tetap saja sama hasilnya. Beli memori eksternal, lagi capek ah, males jalan cari yang gituan. Jadi gak berani ambil resiko lagi. Kalo salah uninstall aplikasi yang terdapat ‘common file’ ujung-ujungnya bisa jadi ada aplikasi lain yang gak bisa digunakan lagi. Dari pada-dari pada sebaiknya fokus ke ‘flash out of date’ aja deh. Karena sudah buntu, dan saat itu masih meyimpan OS Windows di laptop yang sama, akhirnya pakai cara curang itu. – Kapan ya beli OS yang legal? Masih ada yang gratis (linux) sih! Masih belum memerlukan sepertinya.πŸ˜€

Akhinrya dengan cara itu angin segar pun datang. Bisa melepas sedikit kecemasan lah. Langsung deh download file-file penting di situs-situs yang gak bisa dibuka tadi. Google sudah bisa diakses! Asik! Cuman anehnya kok youtube gak bisa terbuka juga ya??? Tuh! Semakin aneh aja kan! Ada apa ya ini? Masih menjadi misteri.😎

Sudah selesai, kembali ke OS Linux. Install beberapa file penting, ikutin pentunjukknya, yang itu bener, yang ini bener, selesai, cek, jeng jeng!!! Eng Ing Eng!!! Hasilnya sama!!!πŸ˜€

Skip…

Sempat bangun lagi jam 10 malam setelah tadi tidur nyenyak. Utak-atik utak-atik karena penasaran dan karena gak bisa blogging. Jangan sampai besok gak bisa blogging lagi😦 Tapi  bro! Hasilnya tetap sama!😦 Karena sudah letihnya otak ini mikir ginian doang akhirnya jalan terkahir adalah tawakkal, menunggu keajaiban datang.

Ketika itu laptop sudah dalam keadaan mati, dari pada menyalakannya lagiΒ  mesti nunggu mending pakai handphone BB, kan ada WiFi bisa internet di sana. Sekalian mau tau berita roda 2 malam itu. Tapi pas dicoba, busyet, hasilnya ‘flash out of date’ juga!!! WordPress gak bisa dibuka!!! Whats! Iya! Setelah beberapa waktu proses perbaikan, selain situs google gak bisa digunakan wordpress juga gak bisa! Dan di OS Windows sendiri mengalami hal yang sama!!! Tuh! Ada yang gak beres! Ada apa gerangan???😦

Dari situ titik masalah sudah semakin jelas. Sudah jelas juga apa yang harus diperbaikin! Bukan pada OS!!! Bener-bener dikecelein. OS ternyata baik-baik aja.😦 Soalnya semua perangkat seperti BB dan Android sama-sama ‘flash out of date’! Masalah bukan pada flash yang kadarluarsa di Linux dan lainnya. Bisa jadi sumber masalahnya adalah modem atau providernya (Speedy)???πŸ˜•

Sampai sekarang masalah ini masih menjadi misteri. Tapi syukurlah, bisa blogging lagi setelah 3 kali konfirmasi masalah jaringan Speedy, Alhamdulillah. Hanya minta tolong resetkan jaringannya doang sama orang Speedy-nya. Mas Odi sudah biasa melakukan hal ini, jadi tau, kalo pakai trik ini kadang-kadang ampuh juga ngusir hal-hal aneh ketika internetan. Hehe, sebenarnya jaringan Speedy di sini memang suka timbul masalah aneh-aneh. Untuk tahun belakangan ini memang gak pernah ada lagi yang aneh-aneh itu. Itu lantaran juga karena jalur optiknya sudah diperbaikin. Hasilnya hal-hal aneh seperti jaringan putus-putus gak terjadi lagi, tapi yang sekarang ada masalah baru semua situs gak bisa diakses.😦

Kalo dilihat lampu indikator jaringan Speedy di modemnya menandakan oke oke aja. Artinya, saat itu dikecelein sama modemnya kan! Bagus! Langsung konfirmasi ke Speedy, katanya dimatikan dulu modemnya, oke dimatikan, tungguh sebentar, kata orang Speedy nyalakan lagi, oke nyalakan, tunggu sebentar, membaik, yeah, syukur deh, di BB bisa buka youtube, eh, tapi untuk laptop tidak bisa konek!πŸ˜• Memang, Linux jadul ini kadang gak stabil pada jaringannya. Tapi biasanya di-restart langsung mau, lah ini gak mau.😦 Ah coba direset ulang lagi modemnya, tunggu, koneksi masih proses, dan, yeah, berhasil, bisa konek, sekarang laptop bisa konek, tapi tau gak, baik laptop dan smartphone pada gak bisa akses situs apapun.😯 Mau konfirmasi ke Speey sudah malam. Terpaksa besok aja deh konfirmasi ke Speedy lagi, capek! Kata orang Speedy sih memang daya dari pusatnya sedang tidak stabil, jadi sewaktu-waktu jika menghadapi masalah ini harus mematikan modem hingga dingin lalu nyalakan kembali. Hal ini sudah dilakukan beberapa kali, tapi nihil. Karena sedikit kesal dan penasaran juga, konfirmasi lagi, pantang mundur, tapi hasilnya sama. Sampai akhirnya, si Orang Speedy ini pun mau meladeni keluhan pelanggannya. Karena ini sudah yang ke 3 kalinya. Dia pun mau kasih sedikit tips, disuruh setting ulang modemnya setelah jaringan Speedy direset dari pusat. Alhamdulillah bro! Barulah saat itu semua masalah selesai. Hadeh! Jadi kemarin dikecelein sama Speedy juga dong. Ckck, lengkap!πŸ˜€ Tapi titik terang persoalan ini masih abu-abu. Kalo gak modemnya (sepertinya modemnya deh), ya Speedy nya?πŸ˜•

Mudahan besok sampai seterusnya gak aneh-aneh lagi ya. Semoga.πŸ™‚

Comments»

No comments yet — be the first.

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: