jump to navigation

Mengapa Sih Kucing Suka Tidur Melulu? March 26, 2014

Posted by Mas Odi in Uncategorized.
trackback

Sebenarnya kucing punya waktu tidur rata-rata 15 jam dalam sehari, dan beberapa lagi bisa tidur sampai 20 jam dalam waktu 1 harian doang, ckck. Wow, sungguh-sungguh luar biasa bagi kebiasaan manusia yang normalnya hanya tidur selama 8 jam dalam sehari. Dan ini nie yang bikin kita pensaran, ini yang menimbulkan pertanyaan buat kita, mengapa sih kucing tidur begitu banyak? Nah! Untuk menjawab jawaban tesebut monggo dibaca paragraf selanjutnya ya. Semoga bermanfaat🙂

Tidurnya Kucing

Hal pertama yang harus Anda sadari adalah bahwa kucing akan aktif antara senja dan fajar, yang berarti bahwa mereka kebanyakan tidur di siang hari dan menjadi aktif sekitar senja. Ini bisa mendatangkan cukup kejutan buat penghuni rumah jika Anda membawa kucing rumah baru untuk pertama kalinya. Saat itu si Kucing akan membuang-buang waktunya untuk menyelidiki dan penghuni rumah justru kaget karena mendapatkan masalah aneh di rumahnya seperti benda berantakan biasanya saat itu Anda sedang tidur nyenyak! Lucunya, saat segera setelah kucing Anda selesai dengan sarapannya, Anda sudah bangun, Anda akan menemukan dia dalam keadaan tidur yang sepertinya sangat nyenak dan panjang, padahal dia baru saja tidur.

Pengumpulan Engergi

Kucing memiliki fisiologis sebagai predator, yang berarti bahwa mereka didesain untuk mengejar dan berburu terutama di malam hari. Kucing besar seperti singa memiliki pola yang sama dari tidur siang hari dan berburu di malam hari. Meskipun mereka telah dijinakkan pada sebagian besar prilakunya, kucing rumah masih mempertahankan garis-garis liarnya. Bahkan kucing ketika bermain akan menampilkan naluri primitif kucingnya seperti merayap di sekitar dalam bayang-bayang, dan, tanpa bisikan peringatan lalu menerkam sasaran mangsanya.

Maka, oleh sebab itulah kucing membutuhkan jumlah energi yang menakjubkan saat sedang berburu, atau hanya sekedar bermain buat kucing-kucing kecil. Jadi kucing kecil Anda berburu mangsa di luar rumah, atau menangani mainancatnip’, ketika mereka kembali tidur, nah, di situlah dia mendapat energi cadangan untuk berburu, menerkam, mendaki dan menguntit.

Mudah Terlena

Seperti manusia, kucing juga suka terlena dalam tidur ringan atau tidur yang sangat mendalam sekalipun. Ketika kucing Anda berlena-lena (yang berlangsung sekitar 15 menit dengan semua proses membutuhkan setengah jam), maka dia akan mencoba memposisikan tubuhnya supaya nyaman untuk bisa melompat dan beraksi pada saat itu juga.

Selanjutnya, bahwa selama tidur ringan atau berat pasca berlena-lena tadi, si Kucing akan mengalami pergerakan otak yang cepat (antar sadar atau tidak sadar atau mimpi). Tapi, tidur tersebut cenderung berlangsung sekitar lima menit doang, meski tidur tadi adalah tidur berat loh, nah, setelah itu si Kucing akan kembali bangun tapi hanya untuk berlena-lena lagi. Pola tidur ini akan berlangsung sampai kucing bangun secara penuh.

Perlu diketahui juga, kucing kecil dan kucing sudah tua cenderung tidur lebih lama dari rata-rata usia kucing dewasa.

Cuaca Hujan

Hal ini semestinya buakanlah hal yang mengherankan bahwa kucing dipengaruhi oleh cuaca, sama seperti kita. Perilaku kucing dapat sangat bervariasi, tergantung pada jenis, umur, temperamen dan kesehatan secara keseluruhan. Tapi, apapun itu bahwa kucing kecil Anda sedang tidak dilepas ke luar rumah, maka dalam pengamatannya kucing akan tetap bisa tertidur karena cuaca tidak bisa dibohongin, cuaca akan memanggil untuk hal itu. Ya, bahkan jika kucing Anda adalah penghuni dalam ruangan yang eksklusif, tidak pernah ke luar rumah sama sekali alias tidak pernah kenal cuaca, maka, hari hujan atau dingin akan tetap bisa dirasakannya (dan mungkin juga Anda) lalu menjadi menguap dan mencari beberapa kesempatan untuk pemejaman mata.

Menyesuaikan Lingkungan

Kucing pada umumnya adalah hewan yang tergantung dengan waktu senja yang berarti bahwa mereka aktif selama jam senja dan fajar. Kemudian mereka punya kecenderungan untuk sekedar berbaring siaga di gelap malam ketika predator-predator lain sedang nongkrong. Dan beberapa kucing mungkin lebih aktif lagi di malam hari terutama ketika mereka masih kucing kecil alias masih muda. Tapi, bisanya kucing juga ramah dan mudah beradaptasi kok. Maksudnya, kucing sangat mampu untuk menyesuaikan kebiasaan tidur mereka dengan lingkungannya, sehingga dia bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang yang dicintainya – yang berarti Anda. Oleh sebab itulah kucing juga akan menyesuaikan pola tidur mereka untuk jadwal makan mereka, nah, gak salah kan kalo kucing rumaha tidur lebih banyak dari seekor kucing yang menjelajah di luar ruangan.

Terlebih apabila kucing Anda itu adalah kucing yang lincah atau kucing dewasa, maka tingkat interaksinya dan aktivitasnya banyak tergantung pada sesering apakah dia melakukan pengisianbaterainya” alia tidur.

Dan, kucing bisa tidur banyak, tapi, ketika mereka sudah bangun, mereka dengan meyakinkan akan mempergunakan sisa waktu yang ada.

Selesai😀

Sumber: http://www.petmd.com/cat/behavior/evr_ct_why_do_cats_sleep_so_much

Comments»

1. potretbikers - March 27, 2014
Mas Odi - March 27, 2014

biasanya menyimak doang, kenapa menyimak dengan seksama??? mmm, ada sesuatu yang mencurigakan nih:mrgreen:

potretbikers - March 27, 2014

karena takut kalau ada kucing mendekatiku:mrgreen:

Mas Odi - March 27, 2014

tuh kan!😀

2. newseries - March 27, 2014

Hadir dan menyimak ….😉

Mas Odi - March 27, 2014

oke

3. warungasep - March 28, 2014

Mantap analisanya Mas Odi,1 yang jadi misteri bagi saya,dulu pernah punya kucing,saya miliki hampir 5tahun,namun di akhir hayatnya,kucing itu jatuh sakit,dan seakan tak ingin merepotkan majikannya,saya cari bangkainya gk ketemu,kalo pun ia hilang,biasanya ia suka pulang sendiri(insting alamiah kucing),tapi ini gk ada🙂
http://warungasep.wordpress.com/2014/03/28/desain-all-new-zuviter-mx-mahkamah-xonstitusi/

Mas Odi - March 28, 2014

sama kang. kenapa yach🙂

4. badak - March 30, 2014

kalo kucing garong palagi hobinya nidurin tetangga

Mas Odi - March 31, 2014

waduh. hehe.

5. Minam - May 3, 2015

wkwkwkwkwkw.Terimakasih banyak atas informasinnya


Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: