jump to navigation

Tips Memilih Buah Manggis yang Baik dan Benar March 25, 2014

Posted by Mas Odi in Uncategorized.
trackback

Mencari buah manggis yang bagus itu sebuah tantangan ternyata. Kalo penjualnya baik hati dan wawasannya luas, mesti dia gak akan repot memilihkan buah manggis yang bagus untuk kita. Tapi kalo ketemu penjual yang gak paham, atau yang pura-pura gak tau, terpaksa deh kita harus bersabar untuk sekedar menemukan mana saja sih diantara tumpukan buah ini yang paling bagus, pokoknya bener-bener suatu tantangan lah.๐Ÿ™‚

Nah, biar kita gak salah pilih, atau dibohongin, berikut ini tips memilih buah manggis yang baik dan benar, yuk disimak:

  • Buah manggis yang sudah matang adalah buah manggis dengan kulit buah berwarna hitam. Adapun yang berwarna merah itu belum terlalu matang. Biasanya rasa buah akan terasa masam-masam manis jika dimakan. Kalo yang hitam, insya Allah dijamin manis. Pilih sesuai selera Anda.
  • Besar kecil ukuran manggis tidak mempengaruhi rasa. Jadi gak usah ragu pilih yang kecil karena juga enak.
  • Buah manggis yang rusak alias busuk akan mengeras kulitnya. Jadi kalo ada sisi buah yang keras, itu tanda buah manggis di sisi tersebut kurang baik, meski sisi lainnya tetap bagus untuk Anda makan. Maka jika Anda menemukan semua sisi mengeras, berarti buah manggis itu tidak layak dikonsumsi.
  • Buah manggis yang bagus dalamnya dapat dilihat dari semua sisinya apabila ditekan dengan tidak kuat terasa empuk, dan apabila dilepas bekas tekanan tadi akan segera hilang, kulitnya akan kembali seperti semula, meski tidak sempurna. Yang perlu diperhatikan lagi, ada cara menekan sisi bawah buah manggis, ini cukup ampuh, jadi kalau ditekan bagian tersebut dan empuk sekali, makan itu bagus banget, tapi sayang, kulitnya tidak akan kembali seperti semula. Ntar si Penjual bisa kecewa kepada Anda apabila tidak jadi membelinya.
  • Terkadang penjual buah manggis tidak paham dengan cara menekan-nekan seperti ini. Mereka menganggap kita sedang merusak buah mereka, dengan alasan buah manggis jika digitukan akan busuk. Maka pintar-pintar kita saja untuk menjelaskan kepadanya. Atau, gaya menekan buahnya jangan terlihat seolah kita menekan dengan kuat. Karena kalo kuat ya wajar aja kulit buah jadi terbuka, dan bisa menjadikan pembusukan.
  • Mengapa buah manggis ada sisi kerasnya pada kulit-kulitnya, dan itu pertanda busuk. Itu terjadi karena proses pemanenan, di mana buah manggis yang masih berada pada pohonnya dipetik tapi tidak dijaga dengan baik, hingga akhirnya jatuh dengan benturan yang keras, mengakibatkan kerusakan pada kulit buah, dan membuat isinya lambat laun ikut mengeras serta membusuk. Bisa juga selama proses pembuahan, saat matang buah jatuh duluan ke tanah. Ini sebab-sebab mengapa buah manggis permukaannya bisa mengeras, dan akhirnya busuk.

Semoga berguna.๐Ÿ˜€

Comments»

1. setia1heri - March 26, 2014
Mas Odi - March 26, 2014

monggo mas bro๐Ÿ™‚

2. warungasep - March 26, 2014

Tapi alhamdulillah sampai saat ini sya belum menemukan buah manggis yang rasanya asem,semua manis,mungkin karena itulah buah ini dinamakan “the queen of fruits”๐Ÿ˜€

Mas Odi - March 26, 2014

betul kang. Alhamdulillah, kayaknya di Bandung kebunnya banyak, jadi bagus2 kualitasnya.๐Ÿ˜€

warungasep - March 26, 2014

Yap itu di kampungnya yang punya blog “ridertasik” gudangnya disana๐Ÿ˜€

nitip ya
http://warungasep.wordpress.com/2014/03/26/apakah-rambu-rambu-peringatan-seperti-ini-ada-di-indonesia/

Mas Odi - March 26, 2014

Pantes. Oke ke tkp.

3. fachruldeanca - March 26, 2014
Mas Odi - March 26, 2014

rapopo mas bro. oke ke tkp.

4. newseries - March 28, 2014

yg hitam pasti manis… Aku banget tuh… Xixixii….
Buah kaya manfaat yg paling ku suka….๐Ÿ˜‰
http://naiyazie.wordpress.com

Mas Odi - March 28, 2014

Kalo lebih hitam lebih manis lagi gitu yach๐Ÿ˜€


Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: