jump to navigation

Cerita Hikmah Swasembada Manggis di Kalimantan Terhadap Penyakit Batuk March 25, 2014

Posted by Mas Odi in Uncategorized.
trackback

Bener-bener baru pertama kalinya buat gue selama hidup dan besar di kota Samarinda, ibu kota provinsi Kalimantan Timur, melihat fenomena buah manggis membanjiri kota, semua penjual buah menjual buah ini. Pernah waktu itu pergi ke Jawa, tepatnya di Semarang, saat itu kan lagi musim buah manggis, tapi kenapa gue gak seheran sekarang ya melihat buah manggis dijual di mana-mana. Mmm, kira-kira, apa ya hikmahnya buah manggis rame dijual di kota tempat tinggal gue ini?

Ini tepatnya di ruas jalan protokol kota Samarinda, meski ada pengguna mobil yang pakai plat nomor kendaraan kota Jakarta. Dulu pedagang buah yang menggunakan mobil bak terbuka sangat banyak jumlahnya berjualan di sini sepanjang jalan, tapi sekarang sudah ditertibkan, hanya jam-jam tertu saja mereka bisa berjualan, dan gak boleh parkir sembarangan lagi.
– sumber foto: http://k4kilima.blogspot.com/-

Sepengetahuan gue kota Samarinda itu banyak perubahan, terutama dalam sektor ekonominya, gak salah kalo kota ini sekarang lebih dikenal dengan Kota Dagang, dari pada sebutan aslinya sebagai Kota Tepian. Gak salah juga kalo banyak orang jual macam-macam barang di sini, terlebih lagi soal buah-buahan. Itu artinya, bisa jadi kenapa buah manggis banyak dijual di sini, adalah karena banyaknya investor yang mengimpor buah manggisnya dari pelosok Indonesia ke sini, bisa jadi kan!

Kata penjualnya sendiri buah manggis tersebut datang dari berbagai macam tempat, ke semuanya dari pulau Kalimantan. Denger pernyataan begitu gue tambah heran, kenapa gak dari pulau Jawa, Sumatera, atau Sulawesi, yang biasanya suka gue denger banyak buah-buah datang dari sana. Heran kan! Tapi karena gue lama gak makan buah manggis dengan jumlah banyak, entah berapa tahun, karena susahnya mendapatkan buah ini, juga harganya saat itu mahal banget, gak pikir panjang deh, percaya aja, langsung bayar 35 ribu rupiah buat 2 kilo buah manggisnya.

Padahal di rumah masih ada setengah kilo buah manggis yang kemarin dibeli sama Adik, yang gue cicipin, gue tanya harganya, beli dimana, lalu akhirnya ketagihan. Makanya gue bela-belain buat beli buah manggis sebanyak itu, kalo bisa sih lebih banyak lagi, mumpung lagi murah, yang sebelumnya gue kira mahal, jadi kemarin-kemarin cuman lewat aja sambil ngiler ngeliat banyaknya buah manggis, hehe, tapi, ini juga soal batuk gue yang semingguan gak sembuh-sembuh langsung reda sebab makan buah ini, Alhamdulillah.

Gue rasa, batuk kemarin itu sungguh aneh datangnya. Baru pertama kali ini gue alamain, gak seperti batuk radang tenggorkan, yang datangnya diawalin sama badang lemes, lalu besok harinya tenggorakan terasa sakit. Cuman, ya pagi hari suka dibikin batuk-batuk, malah terasa sedikit sakit, meski sebentar doang, setelah itu langsung hilang, tapi ya tetap gak enak kan rasanya. Ya sepertinya sih memang batuk yang ini disebabkan virus berbeda dengan virus radang tenggorakan.

Semenjak itu gue berinisiatif mengkonsumsi buah ini secara rutin, dan Subbhanallah, batuk-batuk itu secara signifikan semakin hilang, Alhamdulillah, begitu juga pada Adik gue. Manggis memang bener-bener buah yang sesuatu banget, bisa mengobati sakit batuk. Jadi, gue pikir, kenapa banyak orang berjualan buah manggis di kota ini, terus, kenapa buah manggis di kalimantan sedang swasembada, ternyata itu toh hikmahnya, masya Allah, gak sempat terpikirkan.😀

Nah! Dari cerita di atas bisa kita ambil kesimpulan sementara kan, bahwa buah manggis itu sangat cocok untuk mengobati penyakit batuk, tapi, jika Anda memiliki komplikasi penyakit, sebaiknya jangan mengkonsumsi buah ini secara banyak, siapa tau efeknya justru menambah komplikasi penyakit Anda.

Note: Untuk harga jual buah manggis di kota Samarinda tahun ini (2014) rata-rata 20 ribu rupiah 1 kilogram nya. Harga bisa dijual 30-60 ribu sekilonya apabila belum bermalam alias baru datang, atau lagi langka.

Semoga bermanfaat😀

Comments»

1. KomMotor - March 26, 2014

BAtuk..???? Dimanggis aja…:mrgreen:

Mas Odi - March 26, 2014

xixi:mrgreen:

2. newseries - March 28, 2014

Makan buah manggisnya.. Minum rebusan kulit manggisnya…😉

Mas Odi - March 28, 2014

😀


Tulis Komentar

