jump to navigation

5 Makanan yang Tetap Baik Meski Sudah Kadarluarsa March 23, 2014

Posted by Mas Odi in Uncategorized.
trackback

Laporan di 2013 dari Sekolah Hukum Harvard dan Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam yang menyatakan kebingungan atas (sistem) penanggalan makanan karena sudah menyebabkan 91 persen orang Amerika membuang makanannya sebelum waktunya.

Awalnya bingung dengan maksud paragraf di atas, tapi setelah dipahamin, oh, ternyata warga Amerika sebagian besar merasa khawatir dengan makanan yang akan masuk tanggal kadarluarsanya. Oleh karenya, sebelum masuk tanggal kadarluarsa makanan tersebut langsung dibuang. Ckck, bagus bagus!πŸ˜€

Yang jadi masalah bukan penanggalan kadarluarsanya, atau warga Amerika blo’on, tapi, apakah warga Amerika yang sebagian besar tadi tidak menyimpan makanan itu di dalam lemari pendinginnya? Atau, malah gak punya lemari pendingin???

Nah, sebenarnya hampir semua makanan jika dikemas dengan rapi dan diletakkan ke dalam lemari pendingin bisa bertahan cukup lama, meskipun sudah lewat dari tanggal kadarluarsanya. Terlebih pada makanan-makanan kering.πŸ˜‰

Buat warga Amerika, ada beberapa makanan buat sarapan mereka yang suka sekali dibuang sebelum tanggal kadarluarsanya tiba. Kekeliruan tersebut tidak terjadi pada warga Indonesia, Indonesia gitu loh! Dan berikut 5 makanan yang tidak perlu seharusnya untuk cepat dibuang oleh mereka:πŸ˜€

1. Telur

Ketika Anda membeli sekotak telur tidak perlu memperhatikan tanda “Sell by Date” pada kartonnya (biasanya di swalayan telur dalam kemasan diberi label dan terdapat tanggal, maksudnya di situ adalah tanggal pengiriman saja), hal itu dimaksudkan untuk membantu para pengecer untuk mengelola omset dan bukan untuk ukuran kesegaran sebuah telur. Setelah pengiriman memang telur-telur dapat disimpan selama 3 sampai 5 minggu di lemari pendingin.

2. Sereal

Biasanya kotak kemasan dicetak dengan keterangan “Best Before Date”,Β  tapi hal itu adalah perkiraan yang konservatif, yang ditetapkan oleh produsen untuk kualitas puncaknya. Sereal-sereal tersebut dapat tetap segar selama 3 bulan apabila Anda melipat kembali kemasan dalamnya (yang terbuat dari plastik atau alumunium foil) dengan rapat. – Jelas saja tahan, karena panganan sereal dibuat dalam keadaan kering –πŸ˜‰

3. Apel

Simpanlah apel merah favorit Anda ke dalam lemari pendingin (tempatkan buah dalam sebuah kantong plastik, lubangi beberapa lubang untuk aliran udara bisa bersirkulasi), dan buah dapat segar dimakan sampai 3 minggu kemudian.πŸ™‚

4. Daging Sandwich

Anda dapat menyimpan daging sandwich yang masih belum terbuka dari kemasannya di dalam lemari pendingin selama 2 minggu. Bahkan dengan label keterangan “Sell by Date” sudah kadaluarsa maupun lewat sekali pun.

5. Roti

Abaikan label keterangan “Best by Date” or “Sell by Date”. Tempatkan saja potongan roti Anda ke dalam lemari pendingin, itu dapat memperpanjang kesegaran sampai 2 minggu.

SelesaiπŸ™‚

Saran doang: Buat Anda yang belum punya lemari pendingin, segera deh beli lemari pendingin ya! Karena dengan adanya lemari pendingin Anda bisa menghemat pengeluaran lantaran makanan dan sisa makanan yang Anda punya dapat disimpan dalam jangka waktu lumayan lama. Gimana? Oke!πŸ˜€

Semoga bermanfaat.πŸ˜€

Sumber: http://www.huffingtonpost.com/2014/03/21/food-expiration-dates-ok-to-eat_n_4936879.html?ncid=fcbklnkushpmg00000063

Comments»

1. newseries - March 23, 2014

Nice info..
Tapi Aku pernah nyimpen apel ( masih terbungkus plastik) kelamaan di kulkas kok jadi keriput ya.. Hehee….πŸ˜‰

Mas Odi - March 24, 2014

jelas itu telah terjadi penguapan di dalam kulkas, sepertinya akibat kulkas terlalu dingin, lalu sempat sebentar membuat beku buah sehingga permukaan buah membeku, nah, saat kulkas menurunkan derajat dinginnya, bentuk buah tidak bisa menahan pelepasan air yang begitu cepat karena permukaan buah rusak akibat beku. penting kan plastik mencegah air menguap begitu cepat, kalo plastik tidak diberi lubang malah bisa terjadi pembekuan yang kuat, dan parahnya saat melakukan penguapan, keriputnya akan semakin parah, dan banyak lagi jeleknya. artinnya kulkas gak boleh terlalu dingin, ya sebagiknya dibikin sejuk benda2 di dalamnya. pengalaman soalnya. ini juga anggapan doang, masih sepertinya lho!πŸ˜€

2. Maskur - March 24, 2014

telur kedaluwarsa versi asli = telur busuk = ndog wukan

Mas Odi - March 24, 2014

hehe. jadi yang masih segar walau kadarluarsa sintetis toh😦

3. RPMspeed - March 24, 2014

the power of kulkas ya masπŸ˜€

Mas Odi - March 25, 2014

xixi. betul juga tuh:mrgreen:

RPMspeed - March 25, 2014

:mrgreen:


Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: