jump to navigation

5 Makanan yang Berbahaya Banget Buat Kucing March 13, 2014

Posted by Mas Odi in Uncategorized.
trackback

Terbayang tidak dipikiran kita kalo kucing bisa jatuh sakit lantaran memakanan sesuatu yang biasanya suka dimakan sama manusia. Nah, kalo belum tau, ini ada 5 makanan yang terindentifikasi sangat berbahaya buat si kucing.

Tentu ini sangat membantu sekali buat sang majikan, terlebih lagi jika si kucing tanpa sepengetahuan kita telah telanjur memakan sesuatu yang berbahaya tersebut. Kemudian si kucing mengalami gejala seperti kucing tidak sehat, maka ada baiknya kita perlu mendiagnosanya terlebih dahulu, gejalanya seperti apa, lalu melihat sesuatu yang mencurigakan di dapur ataupun meja makan, apakah ada sesuatu yang dimakan olehnya? Untuk penjelasannya bisa kita baca langsung kutipan berikut di bawah ini, let’s check it bro:

  • Bawang-bawangan dan Bawang Putih

BawangBawang dan bawang putih dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah dan menyebabkan anemia pada kucing, Dr Tina Wismer, direktur medis di Poison ASPCA Animal Control Center mengatakan. “Kucing cenderung pemakan lebih pilih-pilih sebagai lawan dari anjing, tapi kami telah melihat kucing makan secangkir penuh bawang berkaramel.”

Meskipun ukuran dosis menentukan tingkat keracunan, lesu dan nafsu makan berkurang bisa menjadi gejala dari reaksi beracun. Semakin cepat Anda mendiagnosa potensi keracunan pada kucing itu lebih baik, jadi jika mereka bertingkah aneh jangan ragu untuk menghubungi dokter hewan Anda.

  • Telur Mentah

Begitu pula kepada orang-orang, konsumsi telur mentah dapat menyebabkan salmonella pada kucing, menurut Dr Wismer. Gejala penyakit akan bervariasi tetapi bisa termasuk muntah, diare dan kelesuan. Salmonella juga dapat ditularkan ke manusia dari hewan, membuat hal ini bahkan lebih penting supaya selalu menjaga kucing Anda jauh dari telur dan untuk benar mencuci tangan setelah memanggang atau memasak dengan telur mentah.

(red.) Ternyata manusia juga harus waspada dari memakan telur mentah, dan juga setengah matang. Karena kita gak tau bakteri salmonella sudah mati atau belum. Agar meyakinkan bakteri tersebut mati, ada baiknya telur dimasak sampai benar-benar matang dulu, baru deh bisa disantap.🙂

  • Alkohol

Kucing cenderung tertarik untuk minuman dengan susu atau krim di dalamnya, Dr Wismer mengatakan, membuat liburan Anda White Russian zat yang berbahaya jika dikonsumsi oleh hewan peliharaan Anda. Koktail Aside, alkohol juga dapat ditemukan dalam makanan penutup, dan malahan dapat dibuat dalam perut kucing Anda jika mereka menelan adonan ragi buatan sendiri atau dibeli di toko yang digunakan dalam pembuatan roti, roti (sudah jadi, red.), dan pizza. Bahkan sejumlah kecil alkohol (keduanya tertelan melalui minuman beralkohol dan diproduksi di lambung) dapat mengancam kehidupan, sehingga penting untuk memanggil dokter hewan Anda sebelum Anda melihat gejala-gejala keracunan serius seperti kejang.

(red.) Kucing akan mabuk gara-gara minum alkohol, eh, ternyata bisa langsung kejang-kejang ya. Kalo begitu buat sang majikan harus berhati-hati apabila ingin memberikan minyak harum di tubuh si kucing, diusahakan untuk tidak memberi minyak harum yang berkandungan alkohol. Karena bisa saja dijilat sama si kucing dan tertelan.😦

  • Ikan Mentah

Seperti telur mentah, daging mentah dan ikan dapat menyebabkan keracunan makanan pada kucing. Selain itu, ikan mentah mengandung senyawa yang memecah tiamin, vitamin B1 penting untuk kucing yang, ketika hilang, dapat menyebabkan masalah neurologis yang serius pada kucing Anda.

Dr Wismer mengatakan, “Hewan bukan hanya kecil saja, bukan manusia berbulu,” kata Dr Wismer. “Mereka memiliki kebutuhan diet yang berbeda dan memetabolisme sesuatu yang berbeda [dibandingkan orang]. Maka bicarakanlah dengan dokter hewan Anda tentang hal-hal yang harus atau tidak harus memberi makan hewan peliharaan Anda.

  • Daging Tuna

Diet kaya tuna tidak hanya dapat menyebabkan keracunan merkuri dalam kucing Anda (seperti manusia), tetapi juga dapat meninggalkan mereka kekurangan gizi karena tidak mengandung semua vitamin dan mineral penting kucing Anda perlukan. Dr Wismer mengatakan, “Sebuah gigitan (sedikit makan tuna, red.) sekarang dan kemudian (makan tuna beberapa kali saja, red.) tidak akan menyakiti mereka, tapi itu yang terbaik untuk menghindari tuna sebagai sumber utama diet kucing Anda”.

(red.) Ternyata tidak terlalu membahayakan juga buat si kucing apabila melakukan diet dengan daging ikan tuna.  Dengan catatan si kucing hanya diberi sedikit saja, selebihnya bisa diberi makanan kemasan yang dijual di toko hewan, atau makanan olahan juga dengan rekomendasi dari dokter hewan Anda.

Selesai😀

Semgoa bermanfaat🙂

Sumber: http://www.petmd.com/cat/centers/nutrition/slideshows/dangerous-foods-for-cats

Comments»

1. potretbikers - March 13, 2014
Mas Odi - March 13, 2014

Hehe.😀

GandemLover - March 14, 2014

wahh om PB takut kucing -_- saya malah pengen melihara kucing… http://goo.gl/R58DnI

potretbikers - March 14, 2014

haahaha😉

Mas Odi - March 14, 2014

Bener juga kalo mas PB takut sama kucing, masalahnya kalo mas PB berani sama kucing, bisa-bisa dikeroyokin kucing garong sekampung. Hiii serem😀

potretbikers - March 14, 2014

wakaka, kalau sama kucing garong mach gak takut malahan, hahahaa

Mas Odi - March 14, 2014

Waduh! Jangan-jangan mas PB kucing garongnya ya. Hehe:mrgreen:

potretbikers - March 14, 2014

uppppsss,, ketahuan😆

Mas Odi - March 14, 2014

pacaran lagi, sama si dia. Hehe:mrgreen:

potretbikers - March 14, 2014

hahaa😉

2. Bintang Jati - March 14, 2014

gak punya kucing… baru tahu kalo ada makanan yang berbahaya bagi kucing..
http://bintangjati.com/2014/03/13/rider-moto-gp-jagoan/

Mas Odi - March 14, 2014

Hehe, maklum ya bro. Sebenarnya masih banyak, tapi ini yang berbahaya banget😀

3. Mas Sayur - March 14, 2014

aku nggak punya kucing… tapi boleh juga buat tambah ilmu.. 🙂

Mas Odi - March 14, 2014

hehe iya.

oh iya, tau gak mas sayur, paman sayur di daerah saya penggemar kucing banget. kucing saya ada yang diminta sama dia. katanya kalo urusan makanan gak perlu khawatir, wong stok ikan di kulkas banyak lantaran jualan masih ada sisa. hehe, hitung2 ngabisin stok jualan selain buat sendiri juga buat kucing😀

4. newseries - March 14, 2014

Nice inpoh..
Sepertinya pecinta kucing nih…. Banyak postingan tentang si meong…😉

Mas Odi - March 14, 2014

hehe iya. meski awalnya gak suka lihat orang pelihara kucing, tapi saya harus cari info2 tentang kucing, wong ibu di rumah sukanya pelihara kucing. jadi ada gelagat aneh aja, kita harus mendiagnosa keanehan si kucing. kasihan kan dia sudah dikurung, eh sakit. berdosa ntar kita. gitu deh.😀


Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: