jump to navigation

(R.I.P.) Jojon Dalam Kacamata Seorang Odi Adalah Pelawak Paling Jaga Image March 6, 2014

Posted by Mas Odi in Uncategorized.
trackback

Innalillahi wa Inna Ilaihiraji’un. Turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Djuhri Masdjan alias Jojon. Yang untuk kesekian kalinya kita kembali kehilangan pelawak senior indonesia, pelawak yang fenomenal, pelawak yang cerdas dalam membawakan guyonan.

Tepat di hari ini Beliau meninggal dunia, di usia 66 tahunnya. Semoga keluarga dan kerabat Beliau yang ditinggal diberi ketabahan oleh-Nya. Amin.

Buat seorang odi, Jojon adalah salah satu pelawak yang hebat. Beliau pintar sekali menjaga imagenya di depan penonton bahkan di depan pelawak lainnya sekali pun. Sehingga sosoknya yang unik dan penokohan yang blo’on tidak menghilangkan kesan kewibawaan Beliau di antara para pelawak kebanyakan dan penontonya. Meskipun saat itu Beliau diminta oleh sang produser/director untuk berbusana waria, atau sedikit ceplas-ceplos dan keluar kata-kata jeni-jenis binatang, itu pun tidak menghilangkan kewibawaannya karena gak keluar jelas dari omongan Beliau (ini hanya alibi gue aja kok bro, sebagai bentuk prasangka baik kepada Beliau, dan sebagai konsekuensi hidup pelawak di zaman sekarang). Tapi sejauh gue melihat Beliau melawak, memang pantang buat seorang jojon untuk melakukan hal-hal yang demikian, Allahu’alam.

Menjadi seorang pelawak itu adalah suatu profesi yang luar biasa. Kenyataannya untuk membuat sebuah guyonan di zaman sekarang bukanlah hal yang mudah, yang mana sekarang saja pelawak-pelawak sudah tidak malu untuk menghargai nilai-nilai moral, dan sudah menganggap biasa untuk meninggalkan nilai-nilai moral yang bisa disisipkan di dalam materi lawakan untuk kemudian diambil manfaatnya oleh para penontonnya. Sekarang image dunia lawak tidak lebih dari sekedar untuk menaikan rating stasiun tv doang. Tontonan etis atau tidak, mendidik atau tidak, yang penting lucu, penonton senang. Walaupun drama lawak yang berbobot itu masih ada, tapi sudah jarang ditonton, jadi jarang diproduserin, jam tayang pun bisa bergeser ke dini hari. Nah, kalau yang dimaksud berbobot itu adalah lawakan yang berputar pada permasalahan politik, kurang tepat juga. Karena lawakan seperti itu bikin tontonan monoton kecuali tema yang dibawakan hot dan kritikannya berbobot. Selain itu juga susah didramakan dengan mudah karena jauh dari cerita rakyat kecil pedesaan, dan yang timbul malah celetak-celetukan bernuansa lelucon tapi tetap kurang baik jika didengar oleh anak-anak.

Tidak demikian halnya dengan seorang jojon. Pelawak jojon adalah pelawak yang paling jaga image. Tau bagaimana menjaga keetisan dalam melawak. Perawakan unik, penokohan unik, mampu mengeksiskan Beliau sampai sekarang, cerdas bukan!😉

Kesederhanaan jojon, guyonannya, keunikannya, akan selalu gue kenang, dan akan jadi bahan cerita buat anak-anak modern di masa depan.😀

Buat pelawak jojon yang sedang sendiri, sendiri di alam yang berbeda. Semoga amal-amal kebaikan Anda mendapat balasan dan tempat di Sisi-Nya.

Comments»

1. rezaholic - March 6, 2014

turut berduka gan…

Opini: Mengapa Yamaha Enggan Menurunkan Vixion dalam Indoprix
http://rezaholic.wordpress.com/2014/03/06/opini-mengapa-yamaha-enggan-menurunkan-vixion-di-irs/

Mas Odi - March 6, 2014

Sama2 bro. Nie segera ke tkp bro. Tadi terjadi pemadaman listrik soalnya😀

2. KomMotor - March 6, 2014

Innalillah…
Alfatihah sent buat pelawak favorit ane..😥

Mas Odi - March 6, 2014

Terimakasih mas bro. Mari berdoa🙂

3. Ms Dhukha - March 6, 2014

Innalillahi wa Inna Ilaihiraji’un.. Semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah, Aamiin…

Mas Odi - March 6, 2014

Amin😀

4. warungasep - March 6, 2014

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: