jump to navigation

Di Zaman Modern Anak-Anak Kecil Malah Takut Kucing February 19, 2014

Posted by Mas Odi in Uncategorized.
trackback

Ini sebuah fenomena luar biasa selama gue menjalanin hidup. Gue pernah jadi seorang anak kecil, tapi gak seperti anak kecil zaman sekarang, aneh-aneh ya tingkah lakunya. Salah satu keanehannya, takut sama kucing! Padahal kan kucing itu hewan perliharaan, jinak, dan hidup di sekitar kita. Apa wajar kalo rata-rata anak kecil takut sama kucing? Mesti ini ada yang gak beres! Ada yang salah!

Gue masih ingat dengan para artis yang fobia atau takut berlebihan sama sesuatu yang kita rasa itu gak seharusnya buat ditakutin. Dari yang takut makan sayur. Takut makan krupuk. Takut boneka barbie. Takut minum susu. Untungnya gak takut sama dirinya sendiri, bakal ribet ntar😀

Gue juga teringat sama keponakan gue yang baru berusia 2 tahun. Kalo nonton bola, basket, balap motor, tinju, seneng banget! Eh, pas nonton film action tembak-tembakan dia malah takut! Kata ayahnya waktu dia umur 1 tahun pernah nonton film action, terus dia ketakutan sampai sekarang. Katanya lagi, umur segitu belum siap menerima hal-hal seperti itu. Gue setuju banget soal ini.

Tapi kalo kebanyakan anak kecil takut sama kucing, gue gak setuju banget! Gue gak rela melihat kenyataan kalau hampir semua keponakan gue takut sama kucing. Anaknya tetangga gue juga, gue gak rela! Mesti ada yang salah di sini. Ada sesuatu yang bikin para anak kecil ini trauma sama kucing. Faktor apa ya kira-kira yang bikin mereka jadi begitu?

Pertama, bisa jadi ini adalah dari didikan orang tua yang salah! Maksudnya orang tuanya melarang si anak buat dekat-dekat dengan yang namanya kucing. Dari menakuti-nakuti si anak dengan terkena penyakit rabies lah, nanti terkena bakteri toksoplasma lah, sampai terkena virus tipes; pokoknya si anak ditakut-takutin bakal sakit kalo dekat-dekat sama kucing. Ya boleh-boleh aja melarang si anak, tapi jangan dengan membohonginya sampai bikin si anak ketakutan hingga dewasanya. Kan bisa-bisa dia akan benci terus dengan namanya kucing. Kalo perlu kucing dimusnahkan di muka bumi ini, anggap dia. Hii serem!

Kedua, faktor ini bisa jadi sangat besar pengaruhnya. Di mana si anak lebih suka bermain di dalam rumahnya ketimbang di luar rumahnya. Mereka lebih suka bermain dengan perangkat-perangkat digitalnya sendirian. Akibatnya, yang mereka ketahui tentang kehiduapan sang kucing sangat lah minim. Justru dalam perangkat digitalnya si kucing digambarkan sebagai binatang yang jahat! Kayak Tom & Jerry, Stuart Little, dan semacamnya. Akhirnya, gambaran negatif tentang si kucing semakin kuat. Apalagi didukung dengan didikan orang tua yang salah tadi, semakin menjadi-jadi.

Ketiga, pengaruh ini bikin si anak semakin sulit menghilangkan rasa takutnya terhadap si kucing. Yang mana si anak sudah takut awalnya, hingga suatu waktu hal menakutkan itu pun datang, dan si anak dicakar sama si kucing. Maka trauma yang ditimbulkan gak akan mudah buat dihapus sama si anak sampai dia dewasa kelak.

Capek deh! Terus terang aja, gue belum rela bro. Dan gue akan coba terus buat cari tau penyebab para anak kecil ini takut sama binatang seperti kucing. Gue coba tanya mereka, dan coba memberikan sugesti-sugesti positif supaya mereka sadar kalo kucing binatang yang baik. Siapa tau gue bakalan ketemu jawaban yang lebih spesifik dari mereka. Dengan begitu kita bisa menemukan titik terang penyebabnya.😀

Kalo teman-teman tau sebab musabab para anak kecil zaman sekarang takut sama kucing, tolong di-sharing ya.🙂

Comments»

1. potretbikers - February 19, 2014

Saya juga takut😳

Mas Odi - February 19, 2014

Saya gak terima😦

2. IFAN JAYADI - February 19, 2014

Wah, mengerikan juga ya pak kalau anak kecil takut sama kucing. Kalau sebangsanya anjing sih, mungkin masih bisa dimaklumi. Tapi ini takut dengan binatang kucing yang imut2, rasanya menyedihkan gitu😦

Mas Odi - February 20, 2014

Betul mas ifan. Mesti si Dilla gak takut😀


Tulis Komentar

