jump to navigation

Apa Sih Bedanya Obat Generik dan Obat Paten February 16, 2014

Posted by Mas Odi in Uncategorized.
trackback

Seorang apoteker bilang ke gue, kalau yang paten lebih terjamin kualitasnya. Gue bilang, kalau memang ada yang generik, berapa ya harganya? 17 ribu rupiah, kata dia. Wow! Yang paten 40 ribuan, selisih berapa tuh! Kalo gitu nanti dulu deh, kata gue ke apoteker tadi. Awalnya gak kenal yang namanya obat generik apa, obat paten apa. Pertama tau itu karena dulu rajin banget ambil obat di apotek ASKES (Asuransi Kesehatan). Banyak orang beranggapan kalo obat di apotek tersebut kurang mantap buat mengobati. Denger-denger karena obat tersebut adalah obat generik! Penasaran deh! Memang obat generik apaan? Selidik punya selidik, ternyata obat generik itu obat tanpa embel-embel nama lain kecuali nama zat obat tersebut. Berbeda dengan yang paten, nama obatnya bisa bermacam-macam, tapi kandungannya sama aja. Dan pada umumnya, obat generik itu berharga murah! Sebaliknya, obat paten itu mahal banget. Biasanya 2 sampai 3 kali lipat dari obat generik! Namun, dalam kegunaan, antara obat generik dan obat paten sama aja. Sedangkan bedanya, ada  di kualitasnya. Maksudnya? Pertama, obat paten lebih bagus kemasannya. Baik bungkusnya dan obatnya🙂 Kedua, obat paten jarang berasa pahit dilidah. Kalau pun pahit, tidak sepahit obat generik. Kegita, obat paten tidak mudah rusak struktur cetakannya jika ditekan. Apalagi terkena air ludah saat mau dimakan. Ke-empat, obat paten lebih lama masa kadaluarsanya. Dan obat kalau sudah kadaluarsa, bisa hilang kegunaannya. Oleh sebab itulah obat generik kurang “dihargain”, hehe. Yang lebih parahnya lagi, bisa membahayakan yang memakannya. Tapi poin ke 4 ini masih anggapan gue aja. Belum gue buktikan. Xixi

Comments»

No comments yet — be the first.

Tulis Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: